Resep Ayam Bakar Taliwang + Sambal

Reviana Novitasari
Ulasan : 4.9 ⭐ dari 1909
⌛ -
🗒️ 31 bahan
👩‍🍳 -

Sedang mencari resep ayam bakar taliwang + sambal yang sedap dan mudah dibuat untuk hari ini? Yuk, coba resep pilihan Cookpad berikut ini.

Cuma dengan 31 bahan, anda sudah dapat membuatnya dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur. Atau kamu dapat membeli bahan-bahannya terlebih dahulu di pasar tradisional, minimarket ataupun supermarket. 😊 😘

Tidak usah beli di luar lagi karena anda mampu membuatnya di rumah dan dipastikan hidangannya lebih sehat dan berkualitas.

Resep Ayam Bakar Taliwang + Sambal

Bahan-bahan

  • 1 ekor ayam kampung (boleh pake ayam apapun yaa)
  • 1 buah tomat
  • 4 lembar daun salam
  • 1 batang sereh (geprek & simpul)
  • 1 ruas lengkuas (geprek)
  • 1 Gula merah
  • 1 buah kara (65ml)
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt penyedap rasa (aku pake royco ayam)
  • 3 Daun jeruk / 1sdt bubuk daun jeruk
  • ±1L Air
  • Secukupnya Jeruk lemon/cuka
  • Secukupnya mentega
  • Bumbu Halus
  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 buah kemiri
  • 1 buah cabai merah besar
  • 1 ruas Kunyit, Jahe, Cikur (kencur)
  • 1 sdt Merica
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 buah terasi (aku pake terasi merk Abc)
  • Bahan sambal
  • 4 siung bawang merah
  • 2 cabai kriting merah
  • 4 cabai rawit merah (boleh disesuaikan)
  • 1 buah terasi (aku pake terasi abc)
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya penyedap rasa (aku pake royco ayam)
  • Secukupnya gula putih
  • Sedikit gula merah
⚡ Sebelum Anda melanjutkan ke langkah-langkah pembuatan "Resep Ayam Bakar Taliwang + Sambal", sebaiknya Anda membaca tips kesehatan singkat yang menarik berikut ini :

Atau 👇 lihat langkah pembuatan

Jika semua bahan telah disiapkan kita lanjut untuk langkah pembuatannya.
Ada 8 langkah mudah untuk membuat ayam bakar taliwang + sambal :

Langkah pembuatan

  • Cuci bersih ayam 👉 Beri perasan jeruk lemon/cuka agar tidak amis 👉 diamkan beberapa menit 👉 cuci bersih ayam kembali 👉 kukus ayam ±5 menit terhitung setelah air mendidih Note: kalau ga di kukus juga gapapa kok.. Berarti nanti airnya pakai 1L.. Kalau ayamnya di kukus dulu, takaran airnya aku saranin kurangin dikit yah.. Soalnya aku coba di kukus dan air 1L kayanya kebanyakan 🙈 untung ayamnya ga hancur karena ayam kampung 😅

    Resep Ayam Bakar Taliwang + Sambal

  • Cuci bersih bahan perbumbuan 👉 Haluskan bahan bumbu halus 👉 potong bebas tomat (aku potong bagi 6) 👉 panaskan minyak dalam wajan 👉 Masukkan tomat (masak hingga matang & hancur) 👉 masukan bumbu halus, daun salam, Sereh, lengkuas, dan daun jeruk 👉 masak hingga wangi

    Resep Ayam Bakar Taliwang + SambalResep Ayam Bakar Taliwang + SambalResep Ayam Bakar Taliwang + Sambal

  • Setelah bumbu wangi masukan ayam 👉 aduk hingga tercampur rata

    Resep Ayam Bakar Taliwang + Sambal

  • Masukan air, kara, gula merah, penyedap rasa dan garam kedalam ayam yg sudah tercampur bumbu tadi 👉 Masak ayam hingga air surut (aku pake api kecil banget biar bumbu meresap sempurna 😉 wajannya juga aku tutup dan sesekali jgn lupa aduk yaaa)

    Resep Ayam Bakar Taliwang + SambalResep Ayam Bakar Taliwang + SambalResep Ayam Bakar Taliwang + Sambal

  • Setelah air agak surut, jangan lupa koreksi rasa yaaah 😘 Nahhh dibawah ini foto ketika airnya udh surut.. Cantikk 😍 udah keliatan sedapnya kannn ❣️ hihihi

    Resep Ayam Bakar Taliwang + Sambal

  • Sebelum bakar bakar kita buat sambel nya dulu yuk 😉 Cara membuat sambel: 1. Haluskan semua bahan kecuali garam, penyedap rasa, gula merah, gula putih 2. Panaskan minyak dalam wajan 3. Tumis sampai harum dan tambahkan air sedikit aja 4. Masukan garam, penyedap rasa, gula merah, gula putih 5. Masak sampai air larut dan keluar minyak

    Resep Ayam Bakar Taliwang + SambalResep Ayam Bakar Taliwang + Sambal

  • Cara membakar ayam: 1. Oleskan margarin di teflon 2. Bakar ayam setengah mateng 3. Oleskan bumbu" sisa ketika merebus ayam tadi 4. Bakar kembali hingga matang

    Resep Ayam Bakar Taliwang + SambalResep Ayam Bakar Taliwang + Sambal

  • Sajikan ayam dengan sambal, nasi, lalapan plus ditambah Tumis Kangkung 🤤😋

    Resep Ayam Bakar Taliwang + Sambal

Kami percaya jika anda mengikuti resep yang kami sajikan ini dengan benar mulai dari bahan-bahan hingga langkah-langkahnya maka akan mendapatkan hasil yang sempurna.

Bila situs ini bermanfaat, jangan lupa simpan halaman ini dan bagikan ke keluarga, teman-teman atau kerabat anda.

Resep lainnya…