Keju Ricotta 🧀homemade Ala Fe (3 Jam)

Reviana Novitasari
Ulasan : 4.1 ⭐ dari 2975
⌛ 3 jam
🗒️ 7 bahan
👩‍🍳 1 cup ricotta

Keju ricotta 🧀homemade ala fe - Hola penggemar makanan enak, selamat datang di Cookpad Indonesia! tempat terbaik yang akan membantu kamu untuk mencoba resep terbaru setiap saat.

Pada hari ini kami akan memberikan resep keju ricotta 🧀homemade ala fe yang telah teruji dan sederhana sekali untuk dicoba.

Untuk meracik keju ricotta 🧀homemade ala fe ini , Anda harus menyiapkan 7 bahan yang tertera di bawah ini, kemudian menjalani 7 tahapan pembuatan.🍧 ☕ 🍬 🥛 🍤

Keju Ricotta 🧀homemade Ala Fe (3 Jam)

Bahan-bahan

  • 2 liter Susu sapi murni fresh dari peternakan sapi di lembang
  • Bahan kit keju starter :
  • 1 lembar kain saring
  • 1 sdt citrun bubuk
  • 1 sdm himalayan salt/ garam korosok (tidak mengandung yodium)
  • 1 ujung pisau bibit renin kering
  • 50 ml air
⚡ Sebelum Anda melanjutkan ke langkah-langkah pembuatan "Keju Ricotta 🧀homemade Ala Fe (3 Jam)", sebaiknya Anda membaca tips kesehatan singkat yang menarik berikut ini :

Atau 👇 lihat langkah pembuatan

Mengintegrasikan makanan sehat ke dalam gaya hidup bukan hanya tindakan, teman. Ini adalah investasi bagi kesehatan jangka panjang tubuhmu. Bayangkan, dengan menjaga pola makan yang cocok dan akurat, kamu memberikan "energi maksimal" bagi tubuhmu.

Makanan-makanan yang sarat dengan zat gizi, mineral, serat, dan antioksidan bukan hanya hanya pendamping dalam menjaga daya tahan tubuhmu tetap kuat.
Mereka juga adalah pelindung yang melindungimu dari masalah kesehatan kronis seperti gangguan diabetes, gangguan jantung, dan kanker.
Sebuah pasukan yang terpercaya dalam menjaga sistem pertahanan tubuhmu!

Namun, keuntungan dari pola makan sehat tidak berhenti di sini. Ini juga berperan dalam menjaga bobot tubuh tetap ideal, mengendalikan kolesterol dan tekanan darah, serta mengembalikan harmoni hormon dalam tubuhmu.
Bagi mereka yang masih muda, makan sehat adalah "penggerak utama perkembangan" dan perkembangan mereka, mendorong secara optimal bagi pertumbuhan fisik dan kognitif.

Bagi mereka yang sudah dewasa, makan sehat adalah kunci untuk menjaga performa terbaikmu dalam aktivitas harian.
Ketika tubuh mendapatkan zat gizi yang diperlukan dengan proporsi yang tepat, tingkat vitalitas dan produktivitasmu meroket, bahkan di tengah hiruk-pikuk rutinitas harian.

Jadi, jangan anggap makanan sehat hanya sebagai tanggung jawab, tetapi sebagai langkah penting untuk masa depanmu.
Dengan memilih dengan cermat makanan yang kamu konsumsi, kamu sedang membangun pondasi kokoh untuk hidup yang lebih berkualitas dan bersemangat lebih tinggi.

💡️ Bila semua bahan telah disiapkan kita lanjut untuk langkah pembuatannya.
Ada 7 langkah praktis untuk membuat keju ricotta 🧀homemade ala fe :

Langkah pembuatan

  • Pastikan semua alat sudah disterilisasi dengan cara direbus atau disiram air panas & cheese cloth/kain saring keju direbus sebentar lalu keringkan. Panaskan susu murni hingga suhu 60-65’C, aduk terus. Lalu matikan api. Pindah ke meja. Turunkan temperatur ke 30-35’C terus diaduk cepat. Sambil menunggu suhu turun, cairkan seujung pisau bibit renin dengan air matang suhu ruangan. Aduk rata. Tuang larutan renin ke susu. Aduk rata. Diamkan hingga susu menggumpal.

    Keju Ricotta 🧀homemade Ala Fe (3 Jam)Keju Ricotta 🧀homemade Ala Fe (3 Jam)Keju Ricotta 🧀homemade Ala Fe (3 Jam)

  • Siapkan baskom, beri saringan atasnya. Letakkan cheese cloth / kain saring keju diatasnya.

    Keju Ricotta 🧀homemade Ala Fe (3 Jam)Keju Ricotta 🧀homemade Ala Fe (3 Jam)

  • Tuang susu yg sudah menggumpal ke saringan keju perlahan2. Untuk gumpalan keju yang besar sisihkan untuk diolah lanjut jadi keju mozarella. Untuk gumpalan halus atau jika gumpalan besar gagal jadi mozarella, bisa kita olah jadi keju ricotta. Angkat kain & gantung hingga air yg menetes habis. Sesekali ditekan/ diperas agar air cepat turun.

    Keju Ricotta 🧀homemade Ala Fe (3 Jam)Keju Ricotta 🧀homemade Ala Fe (3 Jam)Keju Ricotta 🧀homemade Ala Fe (3 Jam)

  • Air tetesan yg turun kebawah adalah air whey favorit kucing2ku. Air whey bisa dipindahkan ke botol kaca & didinginkan dikulkas untuk diminum & banyak manfaatnya. Rasanya enak mirip yakult, aromanya wangi susu banget.

    Keju Ricotta 🧀homemade Ala Fe (3 Jam)

  • Tiriskan hingga keju benar2 memadat & sudah tidak ada air whey lagi. Buka kain keju. Angkat dari sisi pinggir yang sudah memadat. Tiriskan kembali hingga keju tidak berair.

    Keju Ricotta 🧀homemade Ala Fe (3 Jam)Keju Ricotta 🧀homemade Ala Fe (3 Jam)

  • Angkat keju ricotta, pindahkan ke wadah kedap udara yang kering & sudah disteril.

    Keju Ricotta 🧀homemade Ala Fe (3 Jam)Keju Ricotta 🧀homemade Ala Fe (3 Jam)

  • Simpan keju ricotta dikulkas. Enak digunakan untuk olesan roti banquet, diolah jadi dipping sauce, campuran saus salad, fritter, sup, saus lasagna, saus pasta dsb. Yang pasti klo bikin sendiri lebih fresh, tanpa pengawet & keju full 100% susu tanpa campuran.

    Keju Ricotta 🧀homemade Ala Fe (3 Jam)Keju Ricotta 🧀homemade Ala Fe (3 Jam)Keju Ricotta 🧀homemade Ala Fe (3 Jam)

Kami yakin jika kamu mengikuti resep yang kami sajikan ini dengan benar mulai dari bahan-bahan hingga langkah-langkahnya maka akan mendapatkan hasil yang sempurna.

Bila situs ini berguna, jangan lupa simpan halaman ini dan bagikan ke keluarga, teman-teman atau kerabat anda.

Resep lainnya…