Resep Wajik Bandung Gula Merah (wajik Cililin)

Reviana Novitasari
Ulasan : 4.7 ⭐ dari 1135
⌛ 90 menit
🗒️ 7 bahan
👩‍🍳 1800 gr

Wajik bandung gula merah (wajik cililin) - Halo para pecinta cita rasa lezat, selamat datang di Cookpad Indonesia! tempat terbaik yang akan membantu kamu untuk mendapatkan resep terbaru setiap saat.

Pada hari ini kami akan membagikan resep wajik bandung gula merah (wajik cililin) yang sudah diuji dan sederhana sekali untuk dicoba.

Untuk meracik wajik bandung gula merah (wajik cililin) ini , Bunda perlu menyiapkan 7 bahan yang ditulis di bawah ini, kemudian mengikuti 4 proses pembuatan.🎂 🍾 🍭 🍸 🍤

Resep Wajik Bandung Gula Merah (wajik Cililin)

Bahan-bahan

  • 500 gr beras ketan
  • 400 ml air
  • 1 btr kelapa parut setengah tua
  • 700 gr gula merah
  • 300 gr gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 3 lembar daun pandan
⚡ Sebelum Anda melanjutkan ke langkah-langkah pembuatan "Resep Wajik Bandung Gula Merah (wajik Cililin)", sebaiknya Anda membaca tips kesehatan singkat yang menarik berikut ini :

Atau 👇 lihat langkah pembuatan

Mengintegrasikan makanan sehat ke dalam gaya hidup bukan hanya upaya, teman. Ini adalah kontribusi bagi kesehatan jangka panjang tubuhmu. Bayangkan, dengan menjaga gaya makan yang cocok dan akurat, kamu memberikan "dukungan optimal" bagi tubuhmu.

Makanan-makanan yang sarat dengan zat gizi, mineral, serat alami, dan zat antioksidan bukan hanya hanya pendamping dalam menjaga kekebalan tubuhmu tetap berdaya.
Mereka juga adalah perisai yang melindungimu dari penyakit-penyakit kronis seperti gangguan diabetes, masalah jantung, dan kanker.
Sebuah pasukan yang terpercaya dalam melindungi kekebalan tubuhmu!

Namun, keuntungan dari pola makan sehat tidak berhenti di sini. Ini juga berperan dalam menjaga bobot tubuh tetap ideal, meredakan kolesterol dan tekanan darah, serta menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuhmu.
Bagi para remaja, makan sehat adalah "sumber tenaga pertumbuhan" dan perkembangan mereka, memberikan dorongan maksimal bagi pertumbuhan fisik dan kognitif.

Bagi para dewasa, makan sehat adalah faktor utama dalam menjaga kualitas performamu yang terbaik sepanjang waktu.
Ketika tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dengan seimbang, energi dan produktivitasmu melesat, bahkan di saat kesibukan rutin sedang tinggi.

Jadi, jangan anggap makanan sehat hanya sebagai tanggung jawab, melainkan sebagai investasi berharga untuk masa depanmu.
Dengan memberikan perhatian pada apa yang kamu masukkan ke dalam tubuh, kamu sedang menyiapkan landasan yang solid untuk hidup yang lebih berkualitas dan penuh semangat.

💡️ Bila semua bahan telah disiapkan kita lanjut untuk langkah pembuatannya.
Ada 4 langkah praktis untuk membuat wajik bandung gula merah (wajik cililin) :

Langkah pembuatan

  • Masak beras ketan dengan 400 ml air hingga matang dan empuk.

    Resep Wajik Bandung Gula Merah (wajik Cililin)

  • Sangrai kelapa dengan api sedang agak kecil hingga terasa ringan, tetapi tidak sampai kecoklatan. Lalu masukkan gula merah, gula pasir, garam, dan daun pandan. Aduk-aduk sampai gula larut dan mencair.

    Resep Wajik Bandung Gula Merah (wajik Cililin)Resep Wajik Bandung Gula Merah (wajik Cililin)Resep Wajik Bandung Gula Merah (wajik Cililin)

  • Lalu masukkan nasi ketan, aduk rata. Masak terus dengan api sedang hingga menggumpal menjadi satu, masak sekitar 30-45 menit.

    Resep Wajik Bandung Gula Merah (wajik Cililin)Resep Wajik Bandung Gula Merah (wajik Cililin)Resep Wajik Bandung Gula Merah (wajik Cililin)

  • Kemudian angkat dan biarkan hingga uapnya hilang. Lalu bungkus menggunakan daun jagung kering atau kertas minyak yang sudah dipotong persegi. Saat dibungkus, teksturnya masih lembek dan basah. Maka jemur dahulu di bawah sinar matahari yang terik selama 2-3 hari untuk mendapatkan hasil luarnya yang kering dan dalamnya lembut.

    Resep Wajik Bandung Gula Merah (wajik Cililin)

Kami percaya jika bunda mengikuti resep yang kami sajikan ini dengan benar mulai dari bahan-bahan hingga langkah-langkahnya maka akan mendapatkan hasil yang sempurna.

Bila situs ini bermanfaat, jangan lupa simpan halaman ini dan bagikan ke keluarga, teman-teman atau kerabat anda.

Resep lainnya…